Selasa, 12 Juni 2012

A little about Keamanan

Manusia saat ini sangat bergantung pada komputer dan perangkat yang terhubung dengan internet, dan menyebabkan developer-developer  berlomba untuk membuat produk yang mudah digunakan sehingga masalah keamanan kadang sedikit dilupakan. Karena kemudahan inilah terkadang terdapat celah-celah yang memungkinkan seorang hacker untuk melakukan penyerangan.



Mudahnya melakukan hacking saat ini dikarenakan semakin banyaknya tools-tools untuk melakukan hacking dimana seseorang hanya tinggal menekan tombol mousenya untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Hal ini mengakibatkan hacker dengan kemampuan tinggi semakin menurun.

Kelemahan dalam sebuah sistem baik program, design ataupun implementasi dinamakan sebagai Vulnerability. Dan akibat dari vulnerability disebut sebagai Threat, tetapi tidak semua Threat dapat menimbulkan kerusakan. Berdasarkan ancaman atau Threat yang ada, ada kemungkinan terjadinya serangan(Attack) yang mengancam elemen keamanan dari sistem.

Keamanan terdiri dari tiga elemen :
  • Confidentiality (Kerahasian)
  • Integrity (Integritas)
  • Availability (Tersedia/Keberadaan)
 Jadi, sistem seperti apa yang seharusnya dibangun dan terbaik untuk digunakan? Kemanan yang tinggi,kemudahan dalam penggunaan, dan berfungsi tinggi. Tapi kenyataannya anda tidak bisa mendapatkan ketiga hal ini.

Ketika Anda memindahkan posisi sistem ke arah keamanan, fungsi dan kemudahan penggunaan harus di korbankan. Ketika Anda memindahkan sistem agar mudah digunakan, Anda akan menjauhi fungsi dan juga masalah kemanan.
Note: ● diatas merupakan Posisi suatu sistem 

Menentukan diamana letak sebuah sistem bukanlah perkara mudah, karena sangat bergantung dengan situasi dan kondisi yang ada. Yang harus Anda lakukan adalah menentukan suatu keseimbangan antara keamanan, kemudahan dan fungsi.

 

0 komentar:


GLHF © 2012.